I. Permintaan Pasar

Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Permintaan merupakan fungsi yang menunjukkan jumlah barang yang diminta konsumen pada berbagai tingkat harga barang itu sendiri. Perilaku permintaan konsumen tunduk pada apabila harga suatu barang naik maka jumlah yang diminta konsumen bertambah dan sebaliknya apabila harganya turun maka jumlah yang diminta berkurang.

Permintaan mencerminkan perilaku konsumen dalam membeli barang atau jasa tertentu.

 

II. Penawaran Pasar

Sedangkan penawaran mencerminkan perilaku produsen dalam menjual barang atau jasa tertentu. Permintaan dan penawaran bersama-sama akan membentuk pasar. Produsen dalam menjual barang atau jasa tertentu. Permintaan dan penawaran bersama-sama akan membentuk pasar sehingga menimbulkan aktivitas ekonomi.

 

III. Mekanisme Pasar

Pasar adalah suatu tempat terjadinya kegiatan jual beli antara penjual dan pembeli dengan cara tawar menawar barang atau jasa sehingga terbentuklah suatu harga kesepakatan sehingga menimbulkan suatu mekanisme pasar yang dimana permintaan dan pewaran bertemu dalam suatu titik yang disebut titik keseimbangan pasar atau equilibrium.

Dari ketiga hal tersebut dapat disimpulkan bahwa permintaan, penawaran, dam mekanisme pasar merupakan unsur-unsur yang mempengaruhi dan menyebabkan aktivitas ekonomi.