Jika kamu pernah melihat film Harry Potter, saat seorang reporter surat kabar mewawancarai seseorang, kamu mungkin masih ingat pulpen yang mempunyai kekuatan magic yang reporter itu gunakan dapat menuliskan yang semua ia katakan. Teknologi yang akan kita ungkapkan di sini mirip dengan adegan di film Harry Potter tersebut.

Orang-orang di Livescribe telah menciptakan sesuatu yang prinsipnya hampir sama dengan pulpen magic di film Harry Potter, dan membuatnya menjadi tampak seperti pulpen biasa. Pulpen Livescribe memiliki kemampuan untuk merekam percakapan ketika kamu menuliskan catatan penting tentang percakapan itu.


Bayangkan kamu sedang menghadiri kuliah. Kamu mendengarkan dosenmu dengan sungguh-sungguh, dan menuliskan poin-poin kunci setiap beberapa detik tentang apa yang kamu dengar. Dengan pena Livescribe, kamu dapat meninjau kembali apa yang telah ditulis dan kamu benar-benar dapat mendengarkan rekaman sebagaimana yang kamu dengar dan ingat pada saat itu, hanya dengan menyentuh kata yang kamu tulis dengan pulpen tersebut.

Fitur lain yang benar-benar berkesan dari pulpen ini adalah kemampuannya untuk menerjemahkan bahasa. Berikut adalah cara kerjanya. Dengan memilih bahasa tertentu, kamu hanya menuliskan kata yang kamu inginkan dan pulpen akan secara otomatis menerjemahkan serta mengatakan kata-kata tersebut dengan keras sehingga suaranya dapat terdengar. Cukup cerdik jika kamu bepergian ke negara asing dan kamu perlu cepat memahami bahasa yang digunakan di negara tersebut.

Sebagai contoh, misalnya kamu sedang duduk di kedai kopi di sebuah negara di mana tidak ada yang mengerti bahasa yang kamu gunakan. Untuk memesan secangkir kopi, kamu dapat memilih bahasa yang ingin kamu terjemahkan menggunakan pulpen tersebut. Tulis kata ”kopi” di kertas catatanmu dan pulpen akan menerjemahkan kata tersebut serta mengatakan kata tersebut (kopi) dengan keras sehingga pelayan di kedai kopi itu dapat memahami apa yang kamu inginkan.
Foto: livescribe.com

Sumber: new-technology-world.com