Sikat gigi tanpa pasta gigi tentunya bukan sebuah produk umum di masyarakat. Namun jika MDers masih ingat EcoBall, sebuah bola ajaib yang dapat mencuci tanpa detergen, kehadiran Soladey J3X tentu tak membuat MDers mempertanyakan inovasi sikat gigi tanpa pasta gigi ini. Jika MDers sudah terbiasa menggunakan pasta gigi dengan sedikit busa, bukan tak mungkin ditemukan sikat gigi tanpa pasta gigi tentunya. Jika sikat gigi seperti ini dirasa tidak mungkin diciptakan beberapa tahun lampau, seiring waktu dan terus bergulirnya inovasi lintas dunia, semua produk sedikit demi sedikit menjadi “serba mungkin”.

Sikat gigi tanpa pasta gigi yang dinamai Soladey J3X ini dibuat oleh Shiken, sebuah perusahaan asal Jepang. Rancangan Dr Gerry Uswak dan Dr Kunio Komiyama ini memanfaatkan tenaga surya untuk menghancurkan seluruh bakteri dalam mulut pengguna tanpa memerlukan bantuan pasta gigi. Cara kerjanya, Soladey J3X akan mengolah elektron dari sinar matahari yang bekerja bersama air liur untuk membersihkan gigi MDers.

*Kegunaan dan Cara Pemakaian

Sikat gigi tanpa pasta gigi Soladey J3X memiliki sebuah panel di ujung gagang yang berfungsi untuk menyerap sinar matahari, sekilas mirip dengan cara kerja panel pada kalkulator bertenaga surya. Panel ini akan menampung sinar matahari yang tidak terlalu banyak untuk menghasilkan elektron negatif. Kemudian elektron negatif yang dihasilkan akan diteruskan ke bagian sikat melalui air yang terionisasi oleh sebuah semikonduktor titanium oksida di bagian atas gagang, dan menghasilkan elektron negatif lain. Nantinya, elektron-elektron negatif tersebut akan bereaksi secara kimia dengan asam dalam mulut pengguna, dengan menghilangkan ion hidrogen positif yang berada di dalam plak, sehingga dapat merusak lapisan plak yang terdapat di gigi sekaligus menghancurkan bakteri penyebab bau mulut.

Untuk menggunakan sikat gigi tanpa pasta gigi ini, MDers hanya perlu menjemurnya lebih dulu sebelum digunakan, agar sikat gigi menyerap elektron dari sinar matahari. Bisa juga dengan menyimpannya di tempat yang terkena cahaya matahari, agar selalu siap digunakan setiap waktu. Jangan kuatir jika ingin menggunakan Soladey J3X di malam hari, karena panel pada sikat gigi ini dapat menyerap elektron dari lampu biasa dalam ruangan.

Penelitian telah membuktikan bahwa penggunaan sikat gigi tanpa pasta gigi ini akan membuat plak tidak stabil dan lebih mudah untuk dihilangkan. Hasil yang diharapkan oleh para peneliti pun ternyata jauh lebih baik, dan diklaim mampu menyebabkan kerusakan total sel bakteri pada mulut. Dengan demikian, mulut akan terasa segar, dan keuangan pun tidak terganggu oleh kebutuhan rutin membeli pasta gigi. Jadi, dampaknya secara langsung mungkin tidak terlalu terasa bagi MDers, tetapi dampak jangka panjangnya bisa membuat mulut dan gigi MDers lebih bersih dibandingkan saat menggunakan pasta gigi.

Sikat gigi tanpa pasta gigi Soladey J3X akan dilepas ke pasaran dengan harga sekitar USD 14,24 atau tidak lebih dari Rp 150.000. Sikat gigi ini tersedia dalam empat warna semikonduktor yang menarik, sehingga akan membuat anak-anak MDers pun senang menggunakannya. Namun para peminat harus sedikit bersabar untuk mendapatkannya, karena Shiken sampai saat ini belum mengumumkan kapan Soladey J3X mulai dipasarkan. Kabarnya Soladey J3X masih dalam proses penyempurnaan dan ujicoba lebih lanjut lagi.

*sumber : http://www.google.com