1. jelaskan dengan singkat ada berapa macam sifat produksi yang saudara ketahui ?

Sifat dan Manfaat Produk
Sifat barang merupakan karakter yang melekat pada barang itu sendiri secara fi sik dapat dilihat, setiap penjual harus memahami sifat sifat yang ada pada barang dagangannya, karena sangat diperlukan dalam mengatur sirkulasi penggantian barang baik barang yang dipajang di toko maupun barang yang ada dalam persediaan, setiap barang dagangan harus diperlakukan berbeda karena setiap barang memiliki karakter yang berbeda pula, demikian juga dalam melakukan klasifi kasi harus adanya penempatan dan penataan yang sesuai dengan sifatnya masing-masing untuk menghindari terjadinya dampak dari satu barang terhadap barang lainnya.

2. Jelaskan secara singkat pengertian produksi secara umum dan secara ekonomi !

Produksi adalah upaya atau kegiatan untuk menambah nilai pada suatu barang. Arah kegiatan ditujukan kepada upaya-upaya pengaturan yang sifatnya dapat menambah atau menciptakan kegunaan (utility) dari suatu barang atau mungkin jasa.

produksi ekonomi adalah suatu kegiatan yang dilakukan di bawah kendali dan tanggung jawab unit institusional yang menggunakan input tenaga kerja, modal, dan barang dan jasa untuk menghasilkan output barang atau jasa.

3. Dalam bidang produksi mempunyai lima tanggung jawab keputusan utama. Sebutkan dan jelaskan !

Pengambilan keputusan dalam manajemen produksi meliputi :

ü  Pengambilan keputusan atas peristiwa yang pasti (certainly)

ü  Pengambilan keputusan atas peristiwa yang mengandung risiko

ü  Pengambilan keputusan atas peristiwa yang tidak pasti (un-certainly)

ü  Pengambilan keputusan atas peristiwa yang timbul karena pertentangan dengan keadaan

Bidang produksi mempunyai lima  tanggung jawab utama yaitu :

a.      PROSES à keputusan-keputusan dalam kategori ini menentukan proses fifik atau fasilitas yang dipakai untuk  memproduksi barang atau jasa. Keputusan mencakup jenis peralatan dan teknologi, arus proses, tata letak (layout) peralatan, dan keseluryhan fisik pabrik, atau fasilitas jasa pelayanan.

b.      KAPASITAS à kapasitas dimaksudkan untuk menentukan besarnya kapasitas  yang tepat dan penediaan pada waktu yang tepat. Kapsitas jangka panjang ditentukan oleh besarnya fasilitas fisik yang dibangun. Dalam jangka pendek kapasitas kadang diperbesar dengan mengadakan subkontrak kepada pihak luar atau penambahan regu (shift) extra atau menyewa ruangan atau peralatan tambahan. Sehingga [roses pengolahan dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

c.       PERENCANAAN à merupakan penetapan keterkaitan dan pengorganisasiaan dari kegiatan produksi dan operasi yang akan dilakukan dalam suatu dasar waktu dan periode tertentu.

d.      PENGENDALIAN ATAU PENGAWASAN à merupakan untuk menjamin terlaksananya kegiatan yang sesuai rencana, sehingga maksud tujuan dan penggunaan dan pengolahan masukan dapat dilaksanakan.

e.      SISTEM PRODUKSI DAN OPERASI à suatu keterkaitan unsur-unsur yang berbeda secara terpadu, menyatu, dan menyeluruh dalam mentransformasikan pemasukan dan pengeluaran.