Aktivitas di siang hari yang begitu sibuk dan cukup menyita tenaga dan pikiran membuat tubuh menjadi sprima seperti ketika di pagi hari. Yah, terkadang kita masih sering ingat tentang wejangan dari orang tua untuk sekedar meluangkan waktu tidur siang beberapa menit agar badan dan otak kita menjadi fresh kembali. Namun kebiasaan tidur siang sangat susah untuk dilakukan orang orang dewasa dikarenakan banyak faktor salah satunya adalah dikarenakan kesibukan dalam bekerja yang luar biasa penatnya. Oleh karena itu kebanyakan yang sering melakukan kebiasaan baik tidur siang adalah anak-anak. Namun yang menjadi pertanyaan besar adalah benarkah tidur siang tersebut sangat baik dan ber-manfaat bagi tubuh? Hmm… Pengen mengetahui jawabannya, maka baca terus artikel ini yah.

Banyak sudah beberapa penilitian yang dilakukan tentang manfaat tidur siang, terutama bagi peningkatan produktivitas kerja di kantor. Secara umum menurut pengetahuan secara awan dari saya ini, mungkin manfaat tidur sayang dapat membantu menyegarkan mood untuk melakukan aktivitas kembali, atau dengan kata lain otak telah di refresh sehingga dapat melakukan pekerjaan dengan memungkinkan menghindari kesalahan lebih baik. Nah, kalau otak sudah segar kembali maka kecenderungan untuk menyerap suatu informasi yang baru akan lebih mudah untuk dilakukan, sehingga intinya bagi mereka yang berusaha meluangkan waktu beberapa menit untuk tidur siang, maka akan mendapatkan energi tambahan baik untuk kegiatan fisik maupun untuk thinking.

Sebagai sharing informasinya, sebuah studi yang dilakukan oleh NASA (National Aeronautics and Space Administration) milik Negeri Paman Sam sono tuh, mempublish bahwa penelitian yang dilakukan kepada beberapa pilot dan astronot yang di test, ternyata setelah tidur siang memiliki tingkat kewaspadaan yang tinggi (kurang lebih menigkat hampir 100 persen dari keadaan sebelumnya) setelah tidur siang.

Hmm… Klo tidur siang yang beberapa menit aja manfaatnya besar banget, berarti tidur malam super duper pentingkan, setuju? Makanya tidak heran jika banyak kecelakaan kereta api di malam hari, ya iyalah orang penjaga palang pintunya begadang, jadi tingkat kewaspadaannya merosot tajem tuh, makanya kalau tidak terpaksa harus begadang jangan begadang dech, selain gak baik buat tubuh, juga banyak resiko yang yang ditanggung dalam jangka panjang (Loh kok ngak nyambung!!! Upss…. Sorry).

Hmm… Kembali ke topik deh! Tapi apakah aneh jika sering kebanyakan orang merasa mengantuk di siang bolong hari? Terutama biasanya hal ini terjadi ketika sesaat selesai maka siang, terlebih lagi jika makan siangnya super banyak waduh dah gak kebayang pasti mata ngantuk banget tuh he4. Sebenarnya menurut medis kebiasaan kantuk di siang hari adalah suatu hal yang wajar secara biologis manusia. Hal ini dikarenakan ritime alami biologis tubuh manusia seharusnya mencakup tidur sejenak di sore hari, kurang lebih sekitar pukul 14.30. Oleh karena itu wajar jika dikatakan kebiasaan dan keinginan untuk tidur siang sesaat di siang hari adalah merupakan bagian dari siklus tidur bangun.

Dari sekian manfaat yang dapat dirasakan sesaat tubuh tidur siang ketika bangun adalah tubuh akan merasa lebih segar dari kondisi tubuh sesaat sebelum tidur siang. Namun tidur siang yang baik sebenarnya tidak boleh dilakukan dalam interval waktu yang lama loeh. Berikut ini beberapa informasi tentang tidur siang yang mungkin berguna dan mungkin belum diketahui selama ini:

  1. Menurut penelitian yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, USA, menyatakan bahwa tidur siang yang baik adalah dalam rentang interval waktu antara 20 menit sampai dengan 30 menit. Jika kita melakukan tidur siang dalam kurun waktu ideal tersebut, maka banyak manfaat posistif yang didapatkan. Namun sayangnya sebaliknya, jika kita kebablasan tidur siang lebih dari 30 menit akan menyabakan tubuh dalam kondisi inersia yang bisa memakan waktu kurang lebih satu jam lebih. Sebagai informasi tambahan nih, kondisi inersia adalah kondisi badan sesaat tidur siang yang terlalu lama menyebabkan badan menjadi terasa berat untuk melakukan aktivitas, rasa grogi yang meningkat, dan disorientasi, sehingga malas untuk mengerjakan sesuatu. Hal ini tentunya tidak bagus buat produktivitas kita kan he4.
  2. Jika kita memang meiliki aktivitas yang super sibuk, maka usahakan untuk menyisihkan waktu kurang lebih cukup 10 menit saja. Hal ini akan membuat badan lebih segar dan rasa kantuk hilang dari pikiran. Namun sayangnya tidak semua orang dapat tidur dengan mudah. Mungkin hal ini dapat dilakukan bagi orang-orang tertentu dimana sangat mudah untuk terlelap dalam kondisi apapun.
  3. Sebagaimana kita ketahui, badan mengalami pertumbuhan dan perubahan dari kecil, dewasa, hingga tua. Sehingga ternyata hal ini juga mengakibatkan pola tidur berubah-ubah seiring dengan berubahnya usia. Pada intinya masa kanak-kanak memerlukan waktu tidur yang lebih lama dibandingkan usia dewasa dan manula yaitu kurang lebih 12 hingga 14 jam sehari. Sedangkan bagi kalangan manula dan dewasa kurang lebih membutuhkan tidur siang yang lebih pendek dibandingkan anak-anak yaitu 7 hingga 9 jam per harinya. Hmm… Mungkin ini kaliya yang menyebabkan anak-anak tubuh besar badannya abisnya banyak tidurnya sih … he4 (Emang ada hungannya Lol he4, Beti lah (Beda Tipis)!
  4. Terkadang banyak orang yang kurang tidur di malam hari, kemudian melakukan tidur siang yang cukup lama di siang hari, apakah hal ini bisa membayar hutang karena kurang tidur di malam hariya itu. Hmm… Menurut informasi kesehatan yang dikutip dari Kompas, sebenarnya tidur siang bisa membantu dalam mengatasi kantuk karena kurang tidur di malam hari, namun tidak bisa sempurna di lunasi utangnya yang disebabkan karena begadang di malam hari. Karena pada intinya tubuh sudah mengalami pola tidur yang lebih lama di malam hari, sehingga jika tidur tidak stabil karena suatu hal maka jawaban paling bagus adalah sebisa mungkin untuk menghindarinya.
  5. Kemudian sebagian besar takut jika tidur siang, maka akan menyebabkan imsonia (susah tidur) di malam hari. Hmm … Jika tidur siangnya dalam waktu ideal 20 menit hingga 30 menit, maka ketika malam datang kita bisa tetap tidur dalam jam waktu tidur yang normal seperti biasanya. Namun jika tidur siangnya pules dan lama, waduh tau sendiri dech jawabannya he4.

*sumber : http://www.google.com