Asal Mula Piano

Piano merupakan alat musik yang telah dikenal luas oleh berbagai kalangan. Alat musik ini hampir selalu ada dan digunakan dalam pertunjukan musik. Namun, belum banyak orang yang tahu bagaimana awal mula piano diciptakan hingga menjadi instrumen musik dengan suara indah seperti sekarang ini.

Perkembangan awal piano diawali dari perkembangan alat musik yang menggunakan senar sebagai penghasil suara. Mungkin tidak ada yang menyangka bahwa alat musik yang menjadi cikal bakal piano adalah alat musik yang mirip dengan kecapi yang disebut dulcimer. Pengertian dulcimer sendiri adalah instrument dengan senar yang berbentuk segi empat dan dimainkan dengan dua pemukul dengan berat ringan.[1]

Pada abad pertengahan, terdapat banyak percobaan untuk menghasilkan instrumen musik bersenar dengan model alat musik yang dipencet seperti organ tetapi dengan menggunakan senar sebagai penghasil suara[2]. Penemuan piano dirintis pada proses ini. Hingga pada abad ke-17 terciptalah 2 alat musik dengan mekanisme tersebut yang dikenal dengan nama clavichord dan harpsichord. Bunyi pada clavichord dihasilkan dari hasil tumbukan antara senar dan pemukul dari besi dari kuningan yang bentuknya seperti kepala obeng atau lebih dikenal dengan sebutan tangent. Mekanisme ini sama dengan prinsip hammering pada gitar. Berbeda dengan clavichord, pada harpsichord bunyi dihasilkan dari senar yang dipetik oleh besi yang berbentuk seperti jarum.

250px-Pianoforte_Cristofori_1720

Piano Buatan Bartolomeo Crisotofori

Penemuan bentuk piano modern sendiri diciptakan oleh Bartolomeo Cristofori dari Italia yang dipekerjakan oleh Ferdinando de’ Medici, seorang bangsawan dari Tuscany. Tidak diketahui kapan instrumen ini pertama kali dibuat. Namun dari 3 instrumen yang berhasil diselamatkan memiliki tangal pembuatan sekitar tahun 1720.[3]

Piano modern ini merupakan gabungan antara clavichord dan harpsichord. Clavichord memiliki pengendalian volume dan nada lebih baik tetapi suaranya terlalu kecil sedangkan Harpsichord memiliki suara yang besar namun pengendalian nada yang sedikit kurang baik. Piano mencoba menggabungkan suara yang besar dengan kontrol yang baik sambil menghilangkan efek buruk yang mungkin ditimbulkan dari penggabungan tersebut. Cristofori sukses memadukan keduanya dengan mekanika instrumen yang kompleks.

Piano yang berhasil diciptakan oleh Cristofori ini mengundang kekaguman banyak orang. Seperti Gioseffo Zarlino, musisi keluarga medici, yang menulis “Ini adalah cara di mana dimungkinkan untuk memainkan Arpicimbalo del piano e forte, diciptakan oleh Guru Bartolomeo Christofani [sic] dari Padua pada tahun 1700, seorang pembuat harpsichord untuk Tuan Agung Ferdinand dari Tuscany.”

Inilah awal mula diciptakannya piano. Piano kemudian mengalami banyak perkembangan di era Bach, Mozart, dan era modern sampai dengan bentuk-bentuk elektronik yang banyak kita temukan sekarang.


[1] “Definition of DULCIMER”. Merriam-Webster, Incorporated. Retrieved 29 July 2012.

[2] Pollens, Stewart (October 1995). The Early Pianoforte. Cambridge University Press. ISBN 0-521-41729-5. Chapter 1.

[3] Erlich, Cyril (May 1990). The Piano: A HistoryOxford University Press, USA; Revised edition. ISBN 0-19-816171-9.